Ini 3 Tips Usaha Kecil yang Unik untuk Entrepreneurs

Originally published in:

Nasihat-nasihat dan tips bisnis tradisional tidak selalu memuaskan para pemilik bisnis kecil.

Tidak setuju? Coba tanyakan saja para pebisnis tersebut. Anda akan dapatkan bahwa tips-tips yang berhasil bagi mereka, tidak selalu mengikuti tips-tips yang dilakukan kompetitor raksasa mereka.

Maka, 3 tips berikut ini ditujukan khusus untuk para pemilik bisnis kecil.

1. Jangan Mencoba untuk Menyamakan atau ‘Melawan’ Harga dari Kompetitor

Harga mungkin bisa meang diantara para retailer yang menyertakan Walmart, Amazon dan Target – begitu juga dengan banyak bisnis pada kategori yang bervariasi – tapi pebisnis kecil tahu bahwa mereka tidak akan bisa berkompetisi dengan mereka ketika melibatkan modal atau ‘capital’.

Justru, inilah saat dimana Bisnis kecil punya kesempatan dalam menawarkan ‘experience’ yang mengalahkan ‘pricing’ kompetitor.

Tentu, harga akan menjadi faktor penentu yang diingat konsumen, tapi saat hal tersebut dikombinasikan dengan ‘experience’ lainnya, konsumen tidak lagi terlalu melihat harga dibandingkan faktor lain yang lebih menonjol.

2. Berikan Pelayanan ‘Customer’ yang Meninggalkan Kesan Mendalam

Sebuah toko cake di Colorado yang bernama Nomelia, tidak mendapatkan aktivitas Bisnis yang cukup baik saat pelayanan yang mereka berikan tidak maksimal, serta ‘quality control’ terhadap kue buatannya.

Mengevaluasi sistem pelayanan mereka, Avantike Sen dan istrinya merubah ‘core’ bisnis mereka menjadi ‘customer centric’. Tujuan mereka adalah ‘Memberikan pelayanan terbaik bagi customer sebaik mungkin’.

Untuk mewujudkannya, Nomelie paham bahwa mereka harus menjadi lebih daripada sekedar ‘Toko Cake’, dan dengan cepat menjadi tempat berbagai komunitas dan event berlangsung.

3. Membuat ‘Loyalty Program’ yang memberikan peningkatan terhadap ‘Repeat Customer’

Nicole Leinbach Reyhle adala penulis dari: Retail 101: The Guide to Managing and Marketing Your Retail Business, yang juga founder dari ‘Retail Minded’ dan Independent Retailer Conference.

Bisnis kecil dan besar punya kesempatan untuk meningkatkan customer retention dam pembelian terus-menerus saat menerapkan ‘Loyalty Program’.

Anda bisa membuatnya dengan aplikasi atau mobile, digital atau seperti gaya-lama yaitu kertas dan Poster. Salah satunya adalah newsletter berupa artikel di website, Diskon mingguan, atau Voucher Promo, dll.

Intinya adalah memberikan Program yang memudahkan customer serta memang dibutuhkan juga. Dengan itu, customer akan merasa sangat terbantu dan juga diuntungkan.

Kesimpulan

Akhirnya, membangun Bisnis kecil adalah tentang mencari apa yang menjadi motivasi anda. Karena dengan adanya motivasi, maka keberlangsungan Bisnis menjadi bagian dari alur kehidupan yang Anda jalani.

Cari “Why” yang bisa diterapkan pada partner Bisnis anda, karena dengan bersama-sama, jalan panjang bisa anda lewati dengan energi yang tak habis-habis. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s